Wujud Sinergitas TNI Polri Menjaga Keamanan, Danramil 06 Guguk Dampingi Kegiatan Sambang Poskamling Bersama Kapolres Payakumbuh


Liputan12.com
, Lima Puluh Kota -- Sistem keamanan lingkungan atau yang sering disebut Siskamling atau Pos Ronda adalah bentuk pengamanan swakarsa dari kesadaran masyarakat.

Guna menciptakan situasi yang aman dan tentram di masyarakat, Danramil 06 Guguk Guguk Kodim 0306/50 Kota Kapten Czi Alseprizal dampingi kegiatan sambang Poskamling bersama Kapolres Payakumbuh Akbp Syaiful Wachid. Bertempat di Jorong Tanjung Jati Nagari VII Koto Talago Kecamatan Guguk. Kamis (10/10/2024). Malam.

Kegiatan tersebut juga untuk menjalin silaturahmi dan kedekatan antara TNI POLRI dengan masyarakat, sekaligus upaya untuk mewujudkan kamtibmas yang aman dan kondusif salah satunya dengan kegiatan sambang dan cek pos kamling.

Dalam kegiatan tersebut Kapolres Akbp Syaiful Wachid menyampaikan pesan pesan Kamtibmas dan juga meminta agar petugas pos kamling bisa saling tukar informasi dengan TNI Polri mengenai situasi keamanan dan ketertiban masyarakat baik itu info tentang penyalahgunaan narkoba, Miras, terorisme, aliran menyesatkan yang berkedok agama/radikalisme, serta mencegah terjadinya kriminal.

Kapolres Akbp Syaiful Wachid mengatakan, bahwa keamanan dan ketertiban bukan hanya tugas dari Kepolisian atau TNI saja namun seluruh warga masyarakat juga bisa berperan aktif menjaga situasi kamtibmas di wilayah masing masing salah satunya dengan aktif ronda malam.

Keamanan dimulai dari level terkecil, paling tidak setiap orang bisa menjadi polisi dalam keluarga sendiri dan juga di dalam lingkungan sekitar untuk bersama sama menjaga kamtibmas, tandasnya.

Sementara itu Danramil 06 Guguk Kapten Czi Alseprizal dalam keterangannya mengatakan, Kegiatan sambang dan pengecekan poskamling ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya peran serta dalam menjaga keamanan lingkungan.

Poskamling memiliki peran penting dalam sistem keamanan lingkungan. Kami sangat mengapresiasi dedikasi warga yang rela meluangkan waktunya untuk berjaga demi keamanan bersama, ujar Danramil. 

Harapannya, dengan kegiatan yang dilakukan ini dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat. Sinergi antara TNI Polri dan masyarakat diharapkan terus terjaga demi terciptanya ketertiban dan keamanan yang kondusif, pungkasnya.(cg)

Posting Komentar

0 Komentar