Pergelaran Kolosal Pandhita Wanara Agung Sukses Memukau di Kabupaten Tegal

SLAWI, LIPUTAN 12 . COM - Taman Rakyat Slawi (Trasa) Kabupaten Tegal menjadi saksi kemeriahan Pergelaran Kolosal Pandhita Wanara Agung pada Minggu malam (13/10/2024). 

Acara ini merupakan bagian dari Gigantopithecus Expo 2024, hasil kolaborasi berbagai pihak, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Museum dan Cagar Budaya melalui Unit Museum Semedo, Pemerintah Kabupaten Tegal, Dewan Kebudayaan Daerah Kabupaten Tegal (DKDKT), Dewan Kesenian Kabupaten Tegal (DKKT), Sanggar Putra Satria Laras, Yayasan Rumah Seni Tegal dan ISI Surakarta. 

Kepala Bagian Umum Museum dan Cagar Budaya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi, Brahmantara, menyatakan bahwa pertunjukan ini adalah selebrasi warisan budaya Gigantopithecus yang bertujuan untuk memperkuat ekosistem budaya di Kabupaten Tegal. 

"Semoga ini bisa menjadi inspirasi supaya muncul karya-karya baru, cipta rasa baru, terutama untuk penguatan ekosistem kebudayaan yang ada di Kabupaten Tegal," ujar Brahmantara.

Pj Bupati Tegal Agustyarsyah, yang diwakili oleh Staf Ahli Nur Hafid Junaedi, menambahkan bahwa pertunjukan ini wujud interpretasi artistik para budayawan terhadap fosil Gigantopithecus, warisan budaya yang menjadi kebanggaan Kabupaten Tegal.  

"Ini bukan sekadar tontonan, tapi tuntunan yang dikemas dalam balutan seni yang memukau," ujarnya.

Disutradarai oleh Ki Sri Waluyo dan asisten sutradara Ki Haryo Susilo Enthus Susmono, pertunjukan ini menampilkan kisah Kerajaan Semedo Kiskendha, menggambarkan perjalanan Raden Goriwanara yang berjuang untuk menyelamatkan rakyatnya.

Dengan suksesnya acara ini, Kabupaten Tegal menunjukkan komitmennya dalam melestarikan budaya dan menginspirasi masyarakat melalui seni.(Ag)

Tags: Pemerintah 

Posting Komentar

0 Komentar