Dandim 0306/50 Kota Hadiri Perlombaan Pacu Kuda Piala Gubernur Sumbar dan Peresmian Monumen Pacu Kuda Payakumbuh


Liputan12.com
Payakumbuh -- Komandan Kodim (Dandim) 0306/50 Kota Letkol Inf Ucok Namara hadiri kegiatan acara Pembukaan Pacuan Kuda Piala Gubernur Sumatera Barat tahun 2024 dan Peresmian Monumen Pacu Kuda Payakumbuh bertempat di Gelanggang Pacuan Kuda Kubu Gadang Kota Payakumbuh. Minggu (13/10/2024).


Pada perlombaan Pacu Kuda Piala Gubernur Sumatera Barat 2024 saat ini dilangsungkan sebanyak 16 race dan diikuti oleh kuda pacu sebanyak 76 ekor yang berasal dari pulau Sumatera dan Pulau Jawa.


Kegiatan perlombaan Pacu Kuda memperebutkan Piala Gubernur Sumbar tersebut dibuka secara langsung oleh Plt Walikota Payakumbuh bapak Suprayitno, yang turut dihadiri juga oleh Forkopimda Kota Payakumbuh, diantaranya Kapolres Payakumbuh Akbp Ricky Ricardo, Sekda Kota Payakumbuh Rida Ananda yang juga sebagai Ketua Umum Pordasi Payakumbuh, serta kepala OPD terkait lainnya.


Dalam penyampaiannya Pj Walikota Payakumbih Suprayitno mengatakan bahwa pacu kuda tidak hanya sebagai salah satu olahraga prestasi namun pacu kuda sudah menjadi bagian budaya dan tradisi masyarakat di berbagai wilayah di tanah air termasuk Kota Payakumbuh.


Ini terlihat dari antusias masyarakat yang menonton kegiatan tersebut di berbagai wilayah di tanah air termasuk di Kota Payakumbuh, warga datang dari mana saja, mereka tumpah ruah memenuhi Gelanggang Pacu Kuda Kota Payakumbuh hari ini. 


Sementara itu, Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Ucok Namara dalam kesempatannya menyampaikan harapannya agar pelaksanaan kegiatan Pacu Kuda ini bisa berjalan tertib aman dan lancar. 


Kodim 0306/50 Kota bersama Polres Payakumbuh dan pihak kemananan lainnya melakukan pengamanan dari proses awal sampai akhir kegiatan ini agar kegiatan berjalan dengan tertib aman dan sukses,  Ucap Dandim.


Orang nomor satu di Kodim 0306/50 Kota tersebut juga memberikan imbauan kepada peserta dan penonton agar mengutamakan keselamatan dan berhati hati dalam menonton pacuan kuda.


"Jangan sampai melewati batas aman bagi para penonton, karena sangat berbahaya, apabila ada kuda yang tidak terkendali dan ikuti ketentuan yang telah di atur panitia, himbau Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Ucok Namara.(cg)

Posting Komentar

0 Komentar