Buka FASI 2024, Dadang Somantri Ajak Orang Tua dan Guru untuk Dampingi Anak dalam Belajar

KOTA TEGAL, LIPUTAN 12 . COM – Penjabat Wali Kota Tegal, Dadang Somantri mengajak kepada seluruh orang tua, guru di sekolah dan ustadz maupun ustadzah di TPA, TPQ serta jajaran Pemerintah Kota Tegal dan seluruh pihak terkait agar selalu mendukung dan mendampingi anak-anak dalam proses belajar mereka. 

‘’Mari kita bangun lingkungan yang positif, penuh kasih sayang, dan cinta kepada Allah SWT agar dapat membentuk anak-anak hebat Kota Tegal menjadi generas muda Qur’ani yang sholeh dan sholehah. Hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama karena pendidikan karakter dan moral harus kita ciptakan sebaik-baiknya untuk mewujudkan generasi emas yang unggul, tangguh, dan berakhlak mulia,’’ ujar Dadang Somantri saat membuka Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) Tingkat Kota Tegal tahun 2024 di Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal, Selasa (15/10) pagi.

Dadang Somantri juga mengutarakan bahwa FASI menjadi wujud komitmen bersama untuk mendidik dan membimbing anak-anak generasi emas agar menjadi pribadi yang berakhlak mulia, cerdas dan memiliki jiwa sosial yang tinggi. 

‘’Festival ini merupakan wadah bagi anak-anak untuk mengekspresikan diri, menunjukkan bakat, dan belajar nilai-nilai keagamaan serta moral. Oleh karena itu, kegiatan FASI sangat berkontibusi dalam meningkatkan fungsi TPQ, TPA dan lainnya yang membawa misi mulia terkait pentingnya menanamkan nilai-nilai Al-Qur’an sejak usia dini sebagai wadah dalam pembentukan insan yang berkarakter Islami di tengah arus globalisasi saat ini,’’ ujar Dadang Somantri.

Dadang Somantri juga mengapresiasi penyelenggaraan FASI tingkat Kota Tegal 2024 dan pihaknya berharap  kegiatan tersebut menjadi kesempatan emas dalam menumbuhkembangkan kecerdasan spiritual serta menggunakan nilai-nilai Al-Quran sebagai cara pandang hidup sebagai umat beragama dalam meningkatkan iman dan ketaqwaannya, khususnya bagi generasi emas penerus tongkat estafet ini. 

‘’Tentunya dengan festival anak sholeh ini, saya ingin pembangunan di Kota Tegal dalam bidang keagamaan dapat lebih maju. Salah satu caranya adalah dengan memacu prestasi melalui FASI. Saya berharap peserta FASI Kota Tegal nantinya akan berjaya dan menjadi juara di tingkat provinsi serta diperhitungkan di tingkat nasional. Karena kegiatan ini tidak semata-mata, untuk mengejar dan meraih prestasi, itu memang yang utama. Tetapi, juga membawa nama baik Kota Tegal yang kita cintai ini,’’ tambah Dadang.

Sementara itu, Kapala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Firman Hadi menyampaikan dalam laporannya bahwa Festival Anak Sholeh Indonesia Tahun 2024 mengangkat tema ”Bangga Menjadi Santri Yang Sehat, Kuat dan Hebat untuk Indonesia Maju” dan diselenggarakan pada tanggal 15 dan 16 Oktober 2024, bertempat di Lingkungan Balai Kota Tegal. 

‘’Kegiatan ini diikuti oleh 620 santri dan santriwati dari 64 lembaga TKA, TPQ dan TQA Se-Kota Tegal. Terdapat 16 jenis lomba, yang terdiri dari 12  lomba perorangan dan 4 jenis lomba kelompok, mulai tingkat TKQ, TPQ dan TQA. Jenis lomba dimaksud antara lain lomba azan & iqomah, mewarnai, menggambar, kaligrafi, puitisasi  Al Qur’an, tartil Al-Qur’an, menggambar, ceramah Bahasa Indonesia, cerdas cermat Al-quran, tahfidz Juz Amma, dan kisah islami,’’ papar Firman Hadi.

Dalam kesempatan tersebut, Penjabat Wali Kota Tegal didampingi Sekretaris Daerah Kota Tegal, Agus Dwi Sulistyantono dan Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal, Dwi Karyanti Dadang Somantri memberikan apresiasi kepada para santri TPQ yang telah mengharumkan nama Kota Tegal pada FASI tingkat Provinsi Jateng tahun 2023 yakni kepada Salsabila Rizqi Lazuardini sebagai terbaik 1 cabang lomba menggambar diberikan uang pembinaan sejumlah Rp5.000.000 dan kepada Syahumal Aflah El Risydi, terbaik 3 lomba tartil Al Qur’an menerima uang pembinaan sebesar Rp1.000.000.(Ag)

Tags: Pemerintah 

Posting Komentar

0 Komentar