Pemkot Tegal Salurkan Bantuan Sembako dan Air Bersih



KOTA TEGAL , LIPUTAN 12 . COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah re (BPBD) Kota Tegal menyalurkan bantuan sembako kepada 100 warga RW XIII Kelurahan Panggung dan penyaluran air bersih di RT 02 RW XIII Kelurahan Panggung, Sabtu (21/9/2024) bertempat di Halaman Masjid At Taqwa Kelurahan Panggung.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Pj. Wali Kota Tegal, Dadang Somantri bersama Sekretaris Daerah Kota Tegal, Agus Dwi Sulistyantono beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal, Dwi Karyanti dadang Somantri. 100  paket, tersebut masing-masing berisi 3 Kg beras dan 4 bungkus mie instan.

BPBD Kota Tegal juga menerima bantuan berupa 100 paket sembako melalui program CSR PT. ARTHA GRAHA CEMERLANG yang disalurkan ke warga Kelurahan Panggung dan bantuan Air Bersih bersumber dari Perumda Air Minum Tirta Bahari Kota Tegal sebanyak 75.000 Liter.

Dalam laporannya Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tegal, Dian Andrianto menyampaikan bahwa BPBD Kota Tegal melaksanakan kegiatan tersebut dalam rangka mengoptimalkan bantuan kemanusian saat bencana melanda sebagai salah satu wujud hadirnya pemerintah dalam penanggulangan bencana. Selain itu untuk mengurangi dampak buruk yang timbul akibat terjadinya bencana serta pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat terdampak bencana. 

Selain pemberian bantuan sembako dan air bersih, BPBD Kota Tegal juga telah melaksanakan pemasangan tandon air di wilayah Kota Tegal dari jumlah 20 tandon air, kini sudah terpasang 15 titik.

Pj. Wali Kota Tegal, sesaat setelah memberikan bantuan menyampaikan bahwa penyaluran bantuan tersebut sebagai bentuk perhatian dari Pemerintah Kota Tegal.

"Ini penyaluran bantuan sebagai perhatian dari Pemerintah Kota Tegal untuk mengurangi dampak kekeringan yang cukup panjang, selain masih ada warga-warga yang memerlukan kebutuhan bahan pokok, selain penyaluran air bersih," tutur Pj. Wali Kota Tegal.

Dadang menyampaikan bahwa air ini menjadi sangat penting karena seluruh aspek dan mahluk hidup membutuhkan air. Oleh karena itu, Ia berpesan kepada seluruh warga masyarakat untuk bersama-sama menanam tanaman pohon di rumah masing-masing, karena pohon itulah yang bisa mengendapkan dan menahan air yang pada saat-saat tertentu bisa digunakan. Bagaimana semua pihak menjaga iklim yang baik, bagaimana semuanya beradaptasi dengan perubahan iklim ini, salah satunya dengan menanam pohon. 

"Maka kami himbau kepada seluruh masyarakat di Kota Tegal, yang masih memiliki space atau halaman yang masih terbuka untuk bersama-sama menanam pohon," imbau Dadang Somantri.

Pemerintah Kota Tegal juga berkomitmen untuk terus memantau situasi dan mencari solusi jangka panjang agar kejadian seperti ini bisa diminimalisir di masa depan. Dalam hal ini, peran serta masyarakat sangatlah penting.

Dadang juga mengajak seluruh warga untuk selalu menjaga kekompakan, gotong-royong, dan kebersamaan dalam menghadapi masalah kekeringan ini.

Pada kesempatan tersebut, Dadang Somantri juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini, baik dari unsur pemerintahan, swasta, maupun masyarakat.

"Semoga sinergi yang baik ini terus terjaga demi kesejahteraan dan kemajuan Kota Tegal," pungkas Pj. Wali Kota Tegal, Dadang Somantri.(Ag)

Tags: Pemerintah 

Posting Komentar

0 Komentar