Pemdes Desa Luwung Menggelar Mapag Sri Sebagai Wujud Syukur Bagi Para Petani

Kabupaten Cirebon, Liputan12.com - Pemerintah Desa Luwung Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, Menggelar Mapag Sri Sebagai Wujud Syukur Bagi Para Petani.

Kuwu Desa Luwung, Tadjudin mengatakan, Mapag Sri yang dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur pada Allah SWT yang melimpah hasil panen maksimal.
“Alhamdulillah, acara berlangsung sukses,” katanya usai acara di balai Desa setempat, Minggu, 29 September 2024

Turut hadir dalam acara Forkopicam, Camat Mundu Novi, Kuwu Tadjudin, Babinsa, Kamtibmas, Kapolsek Mundu,
Masih dikatakan Tajudin, Mapag Sri yang di isi dengan berbagai acara digelar untuk memperat silaturahmi antar warga dan pihak Desa serta ajang hiburan masyarakat.
Acara ini merupakan wujud rasa syukur pada yang maha kuasa Allah SWT yang telah memberikan Rizki dan berkahnya atas kelimpahan para petani tahun ini, acara tradisi leluhur ini turun-menurun agar dapat terus di lestarikan tiap tahun di adakan.
Kami ucapkan terima kasih pada seluruh pihak yang berpartisipasi dalam acara tersebut,” ucap Kuwu dua periode ini.

Antusias warga dalam mempersiapkan acara sangat tinggi, sehingga saat pelaksanaan berjalan kondusif.“ Hasil bumi seperti padi dan buah-buahan, diarak dari ujung perbatasan Desa hingga ke lapangan bola.,-” ujarnya.
Dirinya mengharapkan, dengan adanya Mapag Sri dapat meningkatkan hasil panen dan masyarakat sejahtera. “Mari lestarikan tradisi Mapag Sri ini hingga akhir zaman,” ajak pria yang biasa dipanggil Udin ini

Berbagai acara di gelar dari mulai arak-arakan onggoh-onggoh kirab para petani dengan hasil buminya, kesenian budaya tari topeng dan sandiwara semalam suntuk,-" Pungkas Kuwu Tajudin

Bung Arya

Posting Komentar

0 Komentar