Komparasi Elektoral ! Guntur Ungguli Diza di semua Segmen Pemilih



Jambi-01/09/2024-Liputan12.com Dinamika dan persaingan Politik dalam Pilwako Jambi yang memunculkan dua pasang Calon Walikota dan Wakil Walikota Jambi. Dalam kontestasi ini kekuatan elektoral para wakil yang mendampingi masing - masing calon juga dibedah secara komprehensif

Hasilnya, kurang dari tiga bulan jelang jari pemilihan Pasangan H. Abdurahman dalam Pilwako Jambi yakni H. Andi Muhammad Guntur dominan dan unggul di kalangan pemilih Gen Z dan Milenial. Hasil itu didapatkan dari ringkasan (summary) beberapa lembaga survei yang melakukan riset menjelang pilwako Jambi 2024.

Peneliti Politik dari LKPR Dr. Noviardi Ferzi mengatakan, dari hasil survei itu dirinya mengelompokkan usia pemilih dalam empat kategori. Pertama, pemilih di bawah usia 30 tahun; kedua, usia 30-39 tahun; ketiga, usia 40-49 tahun; dan keempat, usia lanjut di atas 50 tahun.

Menurut pengamat top Jambi ini, Hasil dikomparasi antara Guntur dan Diza secara umum kalau kita lihat datanya, pemilih berdasarkan usia 4 kategori, pemilih di bawah 30 tahun ada 20,5 persen. Guntur mendapat 24,6 persen. Diza (13,7 persen), sisanya tersebar antara Maulana dan H. Abdurahman dan tidak menjawab atau belum punya pilihan.

Selanjutnya, di usia 30-39 tahun. Basenya 21% Guntur unggul 19,7%, Diza 17,2%. Kemudian usia 40-49 Guntur 19,3%, bersaing ketat dengan Diza 18,7%,” papar Noviardi, Minggu (1/9).

Sementara itu, pada kategori usia lanjut atau usia di atas 50 tahun pilihan pemilih lebih tersebar antara mendukung Guntur dan Diza. “Di segmen usia lanjut di atas 50 tahun Guntur 35,2%, Diza 35, 0%.

Hasil ini menurutnya, sebagai gambaran tentang kecenderungan Preferensi pemilih di Kota Jambi. Data ini juga menunjukkan pilihan H. Abdurahman pada Ketua IMI Provinsi Jambi itu tepat, karena mampu memberi penguatan elektabilitas.

Liputan12.com
Deni Firmansyah

Posting Komentar

0 Komentar