Kompak Pakai Tanjak dan Baju Gambo, Paripurna HUT Muba ke-68 Semarak dan Meriah



Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi Hadir dan Ucapkan Selamat Ulang Tahun Muba Ke-68: Kabupatennya Maju, Rakyatnya Sejahtera.

HUT ke-68: Terus Bersinergi Membangun Muba Lebih Maju

SEKAYU, MUBA- liputan 12.com. Kemeriahan perayaan hari jadi Kabupaten Musi Banyuasin ke-68 tergambar dalam sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang berlangsung pada Sabtu (28/9/2024) pagi.

Terlihat para ibu-ibu tampil anggun mengenakan busana Gambo, sedangkan para bapak-bapaknya juga tampil gagah kompak mengenakan tanjak Gambo khas Muba.

Selain rapat paripurna istimewa, HUT ke-68 Kabupaten Muba juga ditandai dengan pemotongan tumpeng sebagai ungkapan syukur yang diiringi lagu *Selamat Ulang Tahun versi Jamrud*, membuat suasana di Gedung DPRD semakin berkesan.


Sidang paripurna ini dibuka oleh Ketua DPRD Muba sementara, Afitni Junaidi Gumay SE, dan dihadiri langsung oleh Pj Gubernur Sumsel, Elen Setiadi, beserta jajaran dan tokoh masyarakat Muba.


 Laporan Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi

Dalam sambutannya, Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi melaporkan berbagai upaya inovasi dan kerja sama yang dilakukan oleh Pemkab Muba, yang mendapatkan apresiasi dari berbagai kementerian dan lembaga, seperti:

Adapun beberapa penghargaan bergengsi yang telah diraih oleh Pemerintah Kabupaten Muba di tahun 2024 antara lain:


1. Pemkab Muba Raih Penghargaan Kategori Pelayanan KB Perusahaan,pada Juli 2024.
2. Penghargaan Best Commitment to Improving Employment Social Security dan Best Disaster & Crisis Management di CNN Indonesia Awards Sumsel 2024.
3. Penghargaan Pastika Parama 2024 untuk penerapan Perda KTR.
4. Apresiasi dari Pemerintah Provinsi Sumsel atas penurunan stunting melalui program dan inovasi Bunda Asuh (AS).
5. Universal Health Coverage (UHC) Award 2024, untuk dukungan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
6. Award dari PWI Sumsel untuk Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi atas jasa sebagai Sahabat Persatuan Wartawan Indonesia.
7. Insentif fiskal sebesar 19 Miliar bagi Pemerintah Kabupaten Muba.
8. Penurunan prevalensi stunting sebesar 6,5% dari 2021 hingga 2023, menjadikan Muba peringkat 1 dalam percepatan penurunan stunting Se-Sumsel.
9. Award Kabupaten/Kota Penyelenggara Desa Cantik Terbaik 2021-2023.


Beliau juga menyampaikan bahwa angka kemiskinan di Kabupaten Muba telah turun dari 14,9% pada tahun 2023 menjadi 12,88% pada tahun 2024, dengan penanganan kemiskinan ekstrem menjadi fokus utama.

Penanganan Stunting dan Pengangguran

Pemkab Muba juga fokus pada penanganan stunting dan pengangguran. Beberapa program strategi seperti Muba Vocational Center (MVC) dan rekrutmen tenaga kerja satu pintu telah dicanangkan untuk meningkatkan kapasitas tenaga kerja.


 Apresiasi dari Pj Gubernur Sumsel

Pj Gubernur Sumsel, Elen Setiadi, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas capaian yang telah diraih oleh Kabupaten Muba. Ia mengingatkan bahwa kemajuan Muba harus terus dipertahankan dan disempurnakan, serta tema HUT ke-68 "Bersinergi untuk Musi Banyuasin Lebih Maju" harus menjadi momentum untuk mendorong semangat pembangunan.

"Selamat hari jadi Kabupaten Muba ke-68, semoga semakin maju dan masyarakat lebih sejahtera ke depan," pungkasnya.
(Kontributor AEW//Purwondo Palembang)

Posting Komentar

0 Komentar