UPACARA PENGIBARAN BENDERA DAN PERAYAAN HUT KEMERDEKAAN RI KE-79 UNOR KEMENTERIAN PUPR SULAWESI UTARA





Sulut- Liputan12.com
Bertempat di halaman Balai Jalan Nasional Sulawesi Utara (17-08-2024), telah dilaksanakan Upacara Pengibaran Bendera dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.
Upacara Bendera kali ini bertindak sebagai inspektur Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Utara Ir. Nurdiana Habibie, MSi. 



Dalam sambutan Menteri PUPR yang di bacakan oleh Nurdiana menyampaikan bahwa HUT KEMERDEKAAN RI ke 79 mengusung tema Nusantara Baru Indonesia maju menjadi sangat spesial dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, karena upacara peringatan detik-detik kemerdekaan RI dilaksanakan di dua tempat yakni di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan di Istana Merdeka Jakarta.
Sebagai insan PUPR berbangga bisa berkontribusi dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur di IKN. Infrastruktur yang dibangun telah diresmikan antara lain Bendungan Sepaku Semoi, Jembatan Pulau Balang, Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa.
Selain itu juga Kementerian PUPR berbangga bisa berpartisipasi dalam melaksanakan infrastruktur pendukung event Internasional ASEAN Games ke 18 tahun 2018, Presidensi G-20 tahun 2020, ASEAN SUMMIT, Word Water Forum ke-10 tahun 2024, Sarana Prasarana olahraga Nasional (PON) dan Internasional piala AFF U16 dan U19 tahun 2024. 
Kementerian PUPR juga berperan dalam Rekonstruksi dan Rehabilitasi Pasca Bencana di Sulawesi Tengah, NTB,.Jawa Timur dan Jawa Barat.


Upacara diikuti oleh para Pejabat Struktural, pejabat fungsional serta ASN dan pegawai lingkup Unit Organisasi Kementerian PUPR di Sulawesi Utara.
Para peserta upacara hadir mengenakan busana adat tradisional, menandakan kebudayaan Indonesia yang beragam namun satu sesuai tema HUT KEMERDEKAAN RI ke 79 Nusantara Baru Indonesia Maju. Tema ini mengandung makna bahwa Indonesia membutuhkan semangat baru yang besar dengan persatuan dan kesetaraan untuk mencapai segala tujuan, namun tetap berprinsip pada nilai-nilai luhur dengan memperhatikan kodrat alam dan budaya.

Kemeriahan perayaan tersebut dirangkaikan dengan kegiatan olah raga dan bakti sosial satu minggu sebelumnya, yang dikoordinir oleh Balai Penyedia Perumahan Sulawesi I.
Festival Merdeka diesel oleh BWSS I dengan menyajikan beragam kuliner Nusantara, senam dan pagelaran musik.
(Jean Eva)

Posting Komentar

0 Komentar