Peringati HUT RI Ke-79 Pemerintah Desa Citarik Gelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih.

Kabupaten Sukabumi, Liputan12.com - Pemerintah Desa Citarik,Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi gelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati proklamsi kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79 th.dengan tema Nusantara Baru Indonesa Maju,bertempat di lapang sepak bola Manunggal Desa Citarik.Sabtu (17/08/2024).

Pengibaran Bendera Merah Putih dimulai pada pukul 07.00 Wib. Suasana khidmat terlihat saat upacara pengibaran bendera merah putih berlangsung.

Kepala Desa Citarik H.ujang Somantri Bertindak sebagai Inspektur Upacara dengan mengunakan kemeja putih. Putih berarti mencerminkan ketulusan dan kesederhanaan,dapat menandakan kebebasan dari kerja keras seorang Kepala Desa.

Yang bertiindak sebagai komandan upacara bendera kali ini,Babinsa Desa Citarik.PELDA Dedi (Koramil 2202 Palabuhanratu/Kodim 0622 kab.Sukabumi),pembacaan do'a dibacakan oleh ustd.Yusup LPMD,pembacaan UUD45 oleh Muksin(Anggota BPD) pembacaan teks pa c0asila oleh saudara Jepri dan Pembacaan teks Proklamasi dibacakan oleh saudara Uyan. 

Sementara itu yang bertugas pengibarkan bendera merah putih pada upacara HUT RI Ke-79 Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dari SMK Yasipa Palabuhanratu,dengan di ikuti oleh Peserta upacara terdiri dari barisan unsur pemerintah desa, BPD, LPMD, para Ketua RT dan RW, Kader PKK, PNS Guru, Siswa Siswi (SD, SMP, SMA), dan aeliruh masayarakat Desa Citarik. 

Kepala Desa Citarik H.ujang Somantri dalam sambutanya menyampaikan" puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt,atas berkat dan ridhonya kita dapat berkumpul untuk mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangkaian hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan Republik indonesia ke-79.

Juga terimaksih sebesar-besarnya kepda Panitia penyelenggara yang telah bekerja dengan sungguh-ungguh segala sesuatunya, mulai dari persiapan awal samapai pelalsanaannya.serta seluruh masyarakat Desa Citarik yang kami cintai, ujarnya.

"Kita perlu mengingat kembali sejarah perjuangan bangsa indonesia khususnya para pejuang dan para pahlawan didalam mencapai cita-cita perjuangan kemerdekaan Negara Republik Indonesia ,Dengan demikian akan kita dapat mendorong dan memotivasi pribadi,"tandasnya.

maka intuk itu kita sama-sama melaksanakan pembangunan sebagai wujud nyata meneruskan cita-cita perjuangan para pahlawan bangsa yang telah gugur dalam memepertahankan,dan memeperjuangkan dari para penjajah.
di samping keberhasilan yang diperoleh masing-masing tantangam yang kita hadapi untuk meraih masa depan yang lebih baik."pungkasnya.

Sememtara di tempat terpisah komandan upacara Pelda Dedi mengajak seluruh komponen masyarakat khususnya desa citarik, yang kesehariannya saya bina agar masyarakat memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada tanah air, dan juga jiwa NKRI yang berajaskan demokrasi pancasila"ujarnya. 

Menurutnya memiliki jiwa patriotisme itu sanagatlah penting karena, jiwa nasionalisme dapat membentuk kesadaran dan kesetiaan terhadap bangsa dan negara"paparnya.

(Ajid Alfaro)

Posting Komentar

0 Komentar