PEKERJAAN CROSS DRAIN BBPJN SULSEL KURANGI DAMPAK BANJIR





Sulsel- Liputan12.com
Salah satu item pekerjaan preservasi ruas jalan batas kota Makassar -batas kab. Maros khususnya di jalan Perintis Kemerdekaan yang dikerjakan oleh BBPJN Sulsel adalah perbaikan Cross Drain. Tujuannya adalah sebagai salah satu upaya dalam mengatasi persoalan banjir yang selalu terjadi ketika hujan deras.
Box culvert menjadi pilihan yang digunakan sebagai alternatif dari konstruksi jembatan karena lebih efisien dan ekonomis dalam mengatasi aliran air pada proyek konstruksi seperti drainase atau pembuangan, juga dapat mempercepat proses konstruksi secara keseluruhan karena dikerjakan dengan sangat mudah dan cepat sehingga menghemat waktu.

Namun dalam pelaksanaan pekerjaan banyak warga yang mengkritik karena dampak dari pemasangan box culvert pasti akan terjadi kemacetan.

Seperti yang terjadi di jalan Perintis Kemerdekaan (kamis 01-08-2024), terlihat kendaraan yang melewati ruas tersebut mengalami macet mulai dari depan kampus Unhas sampai di traffic light Bumi Tamalanrea Permai. Banyak warga mengeluh, merasa perjalanan terganggu dengan adanya pekerjaan galian.

Menanggapi hal ini kepala BBPJN Asep Syarip Hidayat, ST.M.Eng melalui
Kasatker III Malik, ST.MM menjelaskan bahwa pelaksanaan pekerjaan sudah dijadwalkan mulai kegiatan pukul 22.00-05.00 supaya bebas hambatan, dan didampingi oleh petugas yang mengatur arus lalulintas. 
Namun ternyata aktifitas jumlah kendaraan di lokasi pekerjaan saat itu masih banyak, sehingga kemacetan tidak bisa dihindari.


PPK 3.2 Ismail Rahim, ST.MT mengakui pekerjaan penggalian untuk pemasangan box culvert sepanjang 33 meter mengalami hambatan disebabkan antara lain adanya kabel utilitas milik instansi lain yang menghalangi, tidak bisa langsung dipindahkan secara sepihak.
Padahal sebelumnya telah dilakukan koordinasi dengan pihak Telkom dan PDAM supaya memindahkan kabel dan pipa, karena akan ada pekerjaan pemasangan box culvert di dua titik lokasi jalan Perintis Kemerdekaan.

"Kalau untuk pemasangan box culvert sebenar tidak lama, kami telah menargetkan (01-08-2024) pekerjaan 26,4 meter sudah terpasang masuk di bahu jalan. Tapi yang memperlambat karena ada kabel fiber milik Telkom di menhole tidak bisa diputus, dan pihak kami sangat berhati-hati," ujar PPK 3.2
Pihak pelaksana proyek turut juga menjelaskan bahwa sisi kanan yang dikerjakan sebelumnya lancar karena tidak ada utilitas yang menghalangi.
Hari ini (02-08-2024) sudah ada penanganan dari pihak PDAM untuk merelokasi pipa-pipa.
Sedangkan untuk pihak Telkom diberi ketegasan waktu. Jika tidak segera dibenahi, maka terpaksa akan dibongkar. Waktu pelaksanaan pemasangan box culvert harus diselesaikan dengan cepat agar kenyamanan aktifitas pengendara dan pengguna jalan tidak lagi terganggu.
(Jean Eva)

Posting Komentar

0 Komentar