Jelang Pelaksanaan Pilkada Serentak, Polres Tegal Kota Gelar Latihan Sispamkota



KOTA TEGAL , LIPUTAN 12 . COM- Polres Tegal Kota menggelar simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota). Hal tersebut sebagai bentuk kesiapan dalam menghadapi pengamanan Pilkada serentak tahun 2024. Kegiatan simulasi berlangsung di Kawasan Obyek Wisata Pantai Alam Indah, Jalan Sangir, Kota Tegal, Jum'at (23/8/2024) sore.

Dalam simulasi menggambarkan terjadinya unjuk rasa oleh ratusan massa yang menolak hasil Pilkada. Karena merasa tidak puas selanjutnya massa melakukan demonstrasi ke Kantor KPU Kota Tegal.

Petugas Kepolisian dari Polres Tegal Kota yang sudah siap mengamankan unjuk rasa bersiaga di depan kantor KPU dengan peleton dalmas awal. Selanjutnya pleton negosiator yang beranggotakan Polwan melakukan negosiasi dan mempersilahkan perwakilan peserta aksi masuk ke kantor KPU untuk beraudiensi.

Namun massa tetap menolak untuk beraudensi dan menyatakan tidak puas dengan hasil keputusan dari KPU. Selanjutnya massa lebih banyak datang untuk ikut berunjuk rasa hingga terjadi aksi anarkis.

Untuk itu petugas dari Polres Tegal Kota kemudian menerjunkan pleton dalmas lanjut. Mereka menggunakan peralatan seperti tameng, helm, dan pelindung tubuh berusaha mengendalikan situasi. Tim K-9 dengan menggunakan anjing pelacak juga ikut berusaha membubarkan massa yang semakin beringas.

Kemudian polisi melakukan penembakan dengan gas air mata dan penyemprotan air menggunakan kendaraan water canon. Tim Pengurai Massa (Raimas) kemudian datang ikut menghalau hingga akhirnya massa tercerai berai dan bubar meninggalkan lokasi unjuk rasa.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rully Thomas mengatakan, hari ini pihaknya melaksanakan simulasi Sispamkota. Mereka terdiri dari anggota Polres maupun Polsek jajaran serta di bantu oleh unsur stakeholder lainnya.

"Kami bersinergi dalam rangka kesiapan menghadapi Pilgub dan Pilwalkot tahun 2024," ungkap Kapolres.

Kapolres menyampaikan, dengan adanya simulasi ini menunjukkan bahwa anggota sudah siap dalam pengamanan Pilkada. Dengan harapan semoga situasi Kota Tegal tetap aman dan kondusif.

"Untuk situasi Kota Tegal sampai saat ini bisa kita ketahui bersama, masih dalam kondisi aman dan kondusif. Kita juga selalu memonitor segala perkembangan situasi untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan simulasi Sispamkota hari ini, jajaran Forkopimda Kota Tegal, perwakilan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), KPU dan Bawaslu Kota Tegal serta sejumlah stakeholder terkait.(Ag)

Tags:Polri

Posting Komentar

0 Komentar