Bersih Desa Sendang Panguripan Wujud Dari Warisan Leluhur




NGAWI, Liputan12.com - Budaya warisan leluhur yang harus di Uri - Uri menjadi kearifan lokal yang masih mengakar kuat pada kebudayaan jawa di Sendang Panguripan dusun Gadon desa Jatigembol kecamatan Kedunggalar, Jumat(02-08-2024)

Masyarakat melaksanakan tradisi Nyadran untuk mengirim Do'a kepada leluhur, Agar warga masyarakat yang masih hidup senantiasa diberikan keselamatan kehidupan yang gemah ripah loh jinawi.
Ujub Do'anya agar masyarakat dijauhkan dari pagebluk(Wabah), Dan tanah yang ditinggali masyarakat subur makmur.


"Kepala desa Jatigembol Budi Sulistyonarko menyampaikan pada awak media, Bila adat istiadat tidak diselenggarakan disendang panguripan dampak yang dialami masyarakat akan menimbulkan pagebluk(Wabah) khususnya para petani.p
Masyarakat sering cekcok padu tanpa ada sebabnya dan banyak masyarakat yang terserang penyakit."

Lanjutnya, Alhamdulillah setelah bersih desa dilaksanakan setiap tahun, Masyarakat bisa merasakan hasil bumi yang melimpah, Sebagai tanda syukur masyarakat apa yang telah mereka terima membawa hasil bumi kesrndang panguripan untuk dinikmati bersama, Terangnya.

Dalam kegiatan tersebut salah satu warga mbah No menceritakan, Disetiap bersih desa atau nyadran harus ditanggapne campursari dan untuk saund System tidak boleh menghadap kepunden, Apabila saundnya menghadap kepunden bisa mengakibatkan kerusakan atau meledak. Pungkasnya.
(Biro Ngawi)

Posting Komentar

0 Komentar