"MARLINA"Portal sosialisasi dan edukasi, PUPR SDA -IL kota Palembang.



Palembang, liputan 12.com

MARLINA,bukan hanya sebuah nama yang indah,tapi lebih dari itu ada makna yang sungguh luar biasa.
MARLINA,(MARi kembaLIkan jalaN Air),satu program , Media Portal yang digagas oleh dinas PUPR,Sumber Daya Air , Irigasi dan Limbah yang bertujuan , sebagai bentuk Media Sosialisasi dan edukasi khususnya masyarakat kota Palembang , tentang kepedulian terhadap Air.


Pendekar PUPR,SDA-IL,wanita cantik mungil yang energik adalah Ir.RA.Marlina Sylvia .ST.M.Si.MSc.IPU.Asean eng.yang selalu hadir menuntaskan permasalahan Air di kota Palembang agar berfungsi sesuai dengan kondisinya.
Dari mulai genangan air, drainase,gorong gorong, daerah Aliran Sungai, kolam retensi, sampai dengan urusan penanggulangan air yang ke mengakibatkan banjir.

Hingga dimunculkan lah Inovasi MARLINA, sebagai Media sosialisasi, edukasi, informasi dan pengaduan masyarakat,ke pada Dinas PUPR SDA -IL kota Palembang.

Hal ini menjadi sangat penting,dimana kota Palembang,yang sebagian besar daerah dikelilingi Sungai yang berpotensi bermasalah terhadap air.
Hingga akan menjadi ancaman besar bagi masyarakat kota Palembang kedepannya,bila tidak di sikapi secara bijak tentang kepedulian masyarakat terhadap masalah air.

Banjir, genangan air, bahkan rusaknya beberapa infrastruktur akibat air yang tidak berfungsi sesuai dengan kondisi nya,yang diakibatkan oleh jalan air yang tidak berfungsi dengan baik,pola hidup masyarakat yang buruk,dan kurangnya kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Didalam Portal MARLINA,tersedia kolom pengaduan, informasi, laporan masyarakat,contac service,
Dan yang paling menarik adalah berita tentang MARLINA. yang dapat di akses oleh masyarakat kota Palembang, melalui https://marlina.simanis.online.

Bahkan masyarakat kota Palembang dapat berperan aktif, untuk ikut memberikan masukan, laporan, bahkan Berita seputar lingkungan yang berhubungan dengan Sumber daya Air, Irigasi,dan limbah pada portal tersebut.


Program inovasi Marlina ini mendapatkan Apresiasi dari Kepala Dinas PUPR ,Ir.H.Akhmad Bastari.SY.MT.IPM.Asean Eng.
Dan merasa bangga dengan inovasi yang diluncurkan PUPR SDA -IL kota Palembang.

Senada dengan itu,Kabid PUPR SDA -IL, sebagai inisiator bersama Tim nya, menyampaikan, untuk penanggulangan banjir dan genangan air, tindakan membangun infrastruktur saja tidak cukup , namun keberadaan bangunan yang ada diatas bangunan sarana air dapat menghambat jalan air sebagai mana mestinya, hingga sulit bahkan hampir tidak mungkin normalisasi aliran air dapat dilaksanakan.
Hingga akan timbulnya dampak buruk terhadap lingkungan, Karena terhambat jalan air.

Untuk itulah inisiatif program MARLINA, untuk memberikan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat, pentingnya peran serta masyarakat, untuk peduli mengembalikan jalan air.
Upaya ini tidak akan ada artinya tanpa dukungan dan peran aktif masyarakat kota Palembang, untuk terciptanya Palembang bebas banjir.
(Purwondo Palembang)

Posting Komentar

0 Komentar