Sinergi Tokoh Masyarakat dan pemerintah Daerah Dalam Akselerasi Visi dan Misi Kepala Daerah.


 Liputan12.comLima Puluh Kota-- Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota terus berupaya mewujudkan visi dan misi yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026. Tidak hanya visi misi, sejumlah program unggulan terus dikebut pelaksanaannya dengan bersinergi bersama sejumlah instansi maupun tokoh masyarakat. Salah satu program prioritas yang masih berjalan adalah pembukaan lahan jagung seluas 20.000 hektar. Dengan memaksimalkan lahan tidur, upaya Pemerintah Daerah kian mendapat respons positif dari masyarakat. Terbaru, tokoh masyarakat Lareh Sago Halaban, Saga Putra C Syahrun, pemilik Puri Tizana yang memiliki cita-cita menjadikan Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai sentra penghasil jagung berhasil memaksimalkan lahan tidur miliknya. Pada panen Raya yang dilaksanakan hari Minggu, (28/07/2024), Saga Putra melaksanakan panen di lahan seluas 8 hektar. 


Komitmen Saga Putra mendukung program Pemerintah itu mendapat atensi khsusus Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo yang hadir langsung saat panen. Pada panen raya yang dilakukan di Nagari Batu Payuang itu, lahan jagung Saga Putra meraih hasil yang sangat menggembirakan, mencapai angka 7,5 Ton/hektar dan berada di atas panen rata-rata nasional yakni 6 ton per Ha.


"Inilah yang selama ini kami harapkan dari Pemerintah Daerah yakni terciptanya sinergi antara tokoh masyarakat dan pemerintah dalam mensukseskan program pembangunan. Salah satu progul daerah adalah penanaman jagung 20.000 hektar” jelas Bupati Safaruddin. Produksi jagung diharapkan Bupati Safaruddin bisa memenuhi kebutuhan pakan ternak ayam petelur, dimana sampai saat ini belum tercukupi oleh produksi jagung di Limapuluh Kota. Bupati juga mengatakan berbagai upaya pemerintah seperti penyediaan mesin pengolahan lahan, bantuan bibit dan alat mesin pertanian seperti traktor roda 4 hingga alat panen otomatis seperti combine Harvester diharapkan mendorong kesuksesan program unggulan tersebut.


Bupati Safaruddin berharap, banyak investor lainnya untuk mendukung komitmen Pemda dalam mewujudkan lahan jagung untuk memenuhi pakan ternak di Lima Puluh Kota yang mencapai 400 ton setiap harinya.


Pada kesempatan itu, Saga Putra menyampaikan siap untuk mendukung program unggulan Pemerintah Daerah. "Kami siap berinvestasi di Lima Puluh Kota selama didukung oleh pemerintah Daerah dengan bantuan Alat mesin pertanian, tidak hanya secara per orangan kegiatan ini juga bisa dilaksanakan di kelompok-kelompok Tani di Lima Puluh Kota," ucap Saga Putra.


Turut mendampingi Bupati Safaruddin  kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Drh Devi Kusmira, Kadis Tanhorbun Witra Porsepwandi, penyuluh pertanian dan kelompok tani perwakilan  kecamatan Lareh Sago Halaban dan Luhak. (Cg)

Posting Komentar

0 Komentar