Danramil 01 Payakumbuh Hadiri Pembukaan Pra Festival Maek


 Liputan12.com, Payakumbuh -- Komandan Koramil (Danramil) 01 Payakumbuh Kodim 0306/50 Kota Mayor Inf Komsah hadiri pembukaan Pra Festival Maek, bertempat di aula Ngalau lantai tiga kantor Balai Kota Payakumbuh. Minggu (14/7/2024).

Sedangkan dihari yang sama Pameran bertajuk "Membentangkan Maek" ini diselenggarakan di Gedung Gambir (Fakultas Pertanian Unand) Payakumbuh. Dimana kita ketahui bersama Maek atau Mahat merupakan salah satu nagari di wilayah Kecamatan Bukit Barisan, Kabupaten 50 Kota Kota.

Kegiatan Pra Festival Maek dibuka langsung oleh Ketua DPRD Sumatera Barat Ir Supardi didampingi Kadis Kebudayaan Provinsi Sumbar Dr Jefrinal Arifin, yang ditandai dengan pemukulan Gandang Tabua. 

Selama tiga hari ke depan, acara ini akan diikuti oleh berbagai kalangan, termasuk Dinas Kebudayaan dari berbagai kabupaten dan kota, masyarakat Maek, tokoh masyarakat, akademisi, mahasiswa, jurnalis, dan beberapa komunitas. Pada hari pertama setelah istirahat siang, akan ada pemaparan “Riset Perjalanan Maek” oleh peneliti dari BRIN.

Dihari kedua Pra-Festival, para pakar arkeologi dari dalam dan luar negeri akan menggelar dua diskusi, "Simbol dan Peradaban Kuno" oleh ahli dari Mesir dan workshop "Maek Sebagai Warisan Dunia" oleh guru besar dari Universitas Andalas. Sedangkan dihari ketiga atau terakhir, akan mengulas "Maek dan Masa Depan Peradaban". Arkeolog dari Jepang juga akan menyampaikan hasil temuannya tentang "Maek dan Asal Mula Bahasa Minangkabau.

Sementara itu Danramil 01 Payakumbuh Mayor Inf Komsah dalam keterangannya selepas kegiatan menyampaikan dukungan dengan diselenggarakan kegiatan dimaksud. Dan Festival Maek diharapkan dapat menjadikan Nagari Maek di kabupaten 50 Kota  menjadi terkenal. karena kisah atau cerita tambo tentang peradaban akan beralih ke Maek. 

Harapannya, perlindungan dan pelestarian warisan budaya sejarah dan masa lampau dapat terealisasi. Seperti Situs Menhir di Kabupaten 50  Kota dengan julukan “Nagari Seribu Menhir”. Pungkas Mayor Komsah.(cg)

Posting Komentar

0 Komentar