Basis Suara HAR sangat Luas, Beririsan Besar dengan Basis Romi dan Haris

Jambi, Liputan12.com - Pengamat dan Praktisi Survei Persepsi Dr. Noviardi Ferzi kembali memberi analis terbarunya tentang Pilwako Jambi. Kali ini ia melakukan kegiatan bedah data dari berbagai survei Pilwako Jambi. Kegiatan bedah data mengambil cuplikasi data sekunder dan data primer terbaru dengan titik analisis basis dan irisan suara bakal calon Walikota Jambi. Kamis, 12/07/2024

Dalam temuan bedah datanya, Noviardi mengatakan dari belasan karateristik yang dianalisa, dapat disimpulkan Basis Suara H. Abdul Rahman atau HAR dalam Pilwako Jambi sangat luas, beririsan besar dengan dua calon Gubernur Jambi sekaligus.

" Berdasarkan sebaran data terlihat basis suara HAR lebih luas, proporsi irisannya dengan Romi dan Haris sama - sama besar, " ungkap Noviardi.

Implikasi dari hal ini menurutnya menunjukkan Potensi Suara HAR sangat besar, melampaui batas polarisasi dua pendukung calon Gubernur. Hanya saja ia mengatakan HAR masih perlu usaha tertentu dan spesifik untuk mengkonversi sebaran suara di pendukung dua calon Gubernur tersebut.

" Sebaran suara HAR besar beririsan dengan dua calon Gubernur, tapi belum bisa dikonversi jadi elektabilitas, perlu usaha tertentu dan spesifik, baik dari pemilihan wakil hingga pola sosialisasi, " jelasnya.

Noviardi juga menjelaskan dalam ilmu statistik terapan, Survei Preferensi Pemilih bukan hanya penting untuk melihat posisi hari (Populeritas, Akseptabilitas dan Elektabilitas), tapi juga untuk melihat sebaran dukungan ke tiga variabel tersebut dalam tiap karakteristik pemilih. Kedalaman data ini menjadi subtansi karena bisa melihat konstruksi elektoral secara utuh, termasuk irisan suara bakal calon dengan peserta pilkada lainnya. Kenapa irisan suara penting, karena dalam pilkada langsung ini menjadi pedoman untuk tidak salah menyasar kelompok sasaran.

(Kabiro.deniaf)

Posting Komentar

0 Komentar