Press "Enter" to skip to content

Meski Terdapat Plang Peringatan, Warga Masih Saja Ngeyel Buang Sampah Pinggir Jalan

Cianjur, liputan12.com – Meski terdapat papan larangan membuang sampah sembarangan, masih saja terlihat tumpukan sampah dipinggir Jalan Raya Jambudipa menuju Tegallega, tepatnya di Kp.Cicurug Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang, Cianjur, Selasa (8/6/2021)

Menanggapi hal tersebut, Kepala K5 Kecamatan Warungkondang, M.Yusup Sulasman mengatakan, sebelumnya lokasi tersebut bukan tempat pembuangan warga melainkan bekas bangunan runtuh, tapi sekarang malah dijadikan TPS liar oleh warga. dan masih banyak sejumlah masyarakat yang tidak melakukan pengolahan sampah secara mandiri.

“pihak pengelola kebersihan baik dari pihak K5 atau petugas kebersihan dari Desa, sudah melarang warga setempat untuk tidak membuang sampah di tempat itu, karena bisa berdampak buruk bagi lingkungan.

Namun tetap saja ada oknum masyarakat yang sengaja membuang sampah di tempat ini. Ironisnya, meski di tempat tersebut terdapat tulisan atau plang larangan membuang sampah, tapi ada saja oknum masyarakat yang ngeyel,” ungkapnya.

Lanjut Yusup mengatakan, untuk warga setempat khusunya masyarakat di wilayah Kecamatan Warungkondang untuk bisa tertib dalam membuang sampah, apalagi di tempat tersebut yang dijadikan pembuangan liar oleh oknum Warga.

“untuk masyarakat Warungkondang, bila masih saja ngeyel, membuang sampah sembarangan akan dikenakan sangsi denda sesuai peraturan yang ditetapkan Pemerintah,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jambudipa, Asep Abdullah, menegaskan bagi warga yang rumahnya tak jauh dari lokasi pembuangan tersebut, bila melihat oknum warga baik dari Wialyah setempat maupun warga luar, segera menegur dan melaporkannya ke pihak yang bersangkutan agar diberi sangsi.

“Bagi yang melihat oknum warga kedapatan sedang buang sampah lokasi itu segera melapor pada pihak pemerintah setempat atau tim pengelola kebersihan Desa Jambudipa.

Untuk itu saya menghimbau pada masyarakat Jambudipa untuk meningkatkan ketertiban dalam membuang sampah untuk menjaga lingkungan kita tetap asri dan terbebas dari sampah,” tandasnya.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *