Press "Enter" to skip to content

Jadi Pemimpin Yang Amanah Itu Tidaklah Mudah, Begini Ungkapan Kades Ciwalen

Cianjur, liputan12.com | Menjadi seorang pemimpin bukanlah hal yang mudah lantaran kebijakannya tidak diterima oleh semua pihak. seorang pemimpin haruslah bisa menerima kritik dan saran, terlebih harus bisa menyelami karakter dan menampung aspirasi dari masyarakat baik secara formal, melalui rapat, ataupun musyawarah, namun dimanapun dan kapanpun waktunya itu harus bisa dilakukan.

Hal tersebut di ungkapkan Kepala Desa Ciwalen Kec.Warungkondang Kab.Cianjur, Dadang Sutisna saat ngumpul bareng bersama warga di wilayah keRtan 02 Desa Ciwalen, ia menggali dan mendengar kritikan atau pendapat serta aspirasi dari masyarakat.

“Saat ngumpul bareng warga, kritik dan saran telah saya terima langsung dari masyarakat. Saat itu saya juga memberikan arahan pada masyarakat tentang pentingnya kekompakan dan kebersamaan serta kerukunan, apalagi masalah ketertiban dan keamanan di lingkungannya masing masing,” ungkap Dadang saat ngumpul bareng bersama warga, Selasa (25/5/2021).

Menanggapi hal tersebut, Jaenudin (40) salahsatu warga dari keRtan 02 Desa Ciwalen mengatakan, Ngumpul bareng sambil ngopi sudah sering dilakukan kepala Desa. Selain untuk menjalinan silaturahmi yang baik Ia juga dekat dengan masyarakatnya.

“Dadang Sutisna adalah sosok seorang Kepala Desa yang santun,bijak,sederhana dan berwibawa serta tegas dalam kepemimpinannya. tak heran jika ia terpilih kembali di periode 2020-2026 yang sebelumnya pernah menjabat tahun 2009-2014 dan Sekarang dia kembali memimpin Desa Ciwalen, terlebih dalam menangani beberapa permasalahan yang di hadapi masyarakat,” katanya.

Menurutnya, sosok Dadang yang selalu bersikap terbuka dan tidak membeda beda kan di dalam melayani masyarakat Ciwalen, berkat dari hasil kerja keras nya kini sedikit demi sedikit Ciwalen menjadi Desa yang lebih baik, kreatif, kompak dan maju dalam pelayanan kepada masyarakatnya tanpa memungut biaya pembuatan surat menyurat kepada warganya.

“Dalam hal memimpin Desa beliau selalu berkoordinasi dengan pemerintahan diatasnya dan juga bawahannya serta Sekretaris desanya dan juga dengan masyarakatnya, tanpa kerja sama yang baik tidak mudah membangun desa menuju Desa  Ciwalen yang lebih baik dan lebih maju,” ujar Jaenudin.

Sementara itu, Sekertaris Desa Ciwalen Dudi Herdiansyah mengakui, Tak heran dengan sikap yang ditampilkan Kades Ciwalen, membuat tokoh-tokoh masyarakat untuk kembali melanjutkan perjuangan dirintis sebelumnya dan mendapatkan do’a restu serta dukungan dari semua masyarakat Desa Ciwalen untuk menjadikan Desa Ciwalen menjadi Desa yang transparan, akuntabel, tertib dan disiplin anggaran serta partisipatif guna meningkatkan pembangunan infrastruktur berkelanjutan, dan melaksanakan roda pemerintahan yang  amanah sesuai undang-undang.

“Selain hal itu, peningkatan kinerja perangkat Desa sudah sesuai dengan tupoksinya masing-masing, kemudian meningkatkan kapasitas kelembagaan dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai bentuk kegiatan, membantu melayani masyarakat desa menuju Desa yang Lebih baik dan lebih maju lagi,” akunya.

Diakui nya, aturan bidang pemerintahan Desa sangat dinamis perubahannya karena jauh berbeda dengan kepemimpinan periode pertama beliau. Dari mulai Dana Desa, dan aturan – aturan yang mengikutinya baik soal perangkat Desa yang dulunya diperbolehkan hanya dari penduduk Desa setempat saja tapi sejak tahun 2015 aturan itu sudah diganti baik Kepala Desa maupun perangkat Desa bisa dari manapun juga yang penting berkependududkan Indonesia. Begitu pula untuk jadi kepala Desa boleh di manapun mencalonkan diri.

“Di Desa Ciwalen sendiri ada dua perangkat Desa yang berdomisili dari luar Desa Ciwalen, salasatunya saya sendiri, dan juga kaur umum juga yang berdomisili dari luar Kecamatan dan luar Desa.

Hal tersebut merupakan amanat peraturan pemerintah yang harus kita hormati dan jalankan. Yang penting bisa profesional dalam bekerja dan memajukan Ciwalen kedepannya, Tutup Dudi

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *