Press "Enter" to skip to content

Antisipasi Banjir Karang Taruna Bungsu Solokpandan Gotong Royong bersih-bersih Sampah

CIANJUR,liputan12.com,-Dalam rangka mengantisipasi terjadinya banjir, Organisasi Karang Taruna Bungsu ke RW an 13 Kelurahan Solokpandan Kecamatan Cianjur jawa barat, bersama elemen masyarakat membersihkan sampah yang berada disaluran air, Jumat, (15/01/21).

Ketua Karang Taruna, Oos Rosidin mengatakan, Aksi bersih-bersih tersebut adalah bentuk solidaritas dan peduli terhadap lingkungan dalam mengantisipasi terjadinya banjir dan menjaga lingkungan agar selalu bersih.

“Aksi membersihkan sampah-sampah ini dilakukan setiap hari, pengambilan sampah langsung dilakukan kerumah-rumah warga, sehingga para anggota Karang Taruna berbaur dengan masyarakat bahu membahu untuk membersihkan lingkungan, dan sampah yang terkumpul dalam sehari mencapai hingga tiga roda bak terbuka,”katanya.

Lanjut Oos, sampah yang diambil dari parit dan selokan dikumpulkan dan setelah banyak terkumpul lalu dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Setelah kita berhasil mengumpulkan sampah dari saluran air dan parit-parit yang berada dilingkungan sekitar, sampah tersebut kita buang ketempat pembuangan Sampah sementara dan selanjutnya dibuang ke TPA, di angkut oleh mobil pengangkut sampah,”jelasnya.

Hendi Rustandi (55) salah seorang tokoh masyarakat yang ikut dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa dirinya bangga dengan keberadaan dan kesolidan Karang Taruna Bungsu yang berada di ke RW an 13 tersebut, menurutnya Karang Taruna Bungsu mampu merangkul masyarakat dalam memberikan edukasi dan kepedulian terhadap lingkungan.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan Karang Taruna Bungsu yang berada di
Kelurahan Solokpandan ini, karena salah satu faktor terjadinya banjir adalah banyaknya sampah hingga terjadi pendangkalan dan penyempitan sungai, maka kami mengajak kepada masyarakat khususnya Kelurahan Solokpandan untuk tidak membuang sampah kesungai, kalau hujan nanti bisa banjir lagi, dan yang rugi kita sendiri,” pungkasnya.

Laporan : Burdah

0Shares

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

copyright@2020 liputan12.com