Press "Enter" to skip to content

Wakil Gubernur beserta PJS Bupati Cianjur Pimpin Langsung Tes Cepat di Perbatasan Bogor-Cianjur

 

Cianjur,liputan12.com,-Tes cepat yang dilakukan Satgas COVID-19 Cianjur terhadap 100 orang pengendara dengan tujuan tempat wisata di Cipanas guna memastikan kondisi kesehatan wisatawan yang akan berlibur di kawasan tersebut, dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Barat, UU Ruhzanul Ulum, Rabu (28/10/20)

Uu mengatakan, pihaknya bersama pemerintah daerah selama libur panjang akhir pekan dan selama libur panjang kali ini, melakukan berbagai upaya antisipasi agar tidak terjadi penyebaran atau klaster baru penyebaran COVID-19 sehingga setiap perbatasan dilakukan pemeriksaan atau tes cepat.

“Mereka yang mendapatkan pemeriksaan tes cepat adalah wisatawan yang berasal dari zona merah, seperti Depok dan Jakarta. Kalau hasilnya reaktif, wisatawan tersebut diarahkan kembali ke daerah masing-masing,” katanya.

Walaupun pihaknya tidak menemukan wisatawan yang positif atau reaktif, disa’at melakukan tes cepat kepada seratusan orang yang dilakukan di perbatasan Cianjur-Bogor, namun pihaknya tetap mengimbau wisatawan untuk menerapkan protokol kesehatan ketat selama berada di lokasi wisata dengan cara tetap menggunakan masker dan tidak berkerumun.

“Alhamdulillah, dari seratusan orang yang dilakukan tes cepat, hasilnya negatif dan nonreaktif. Namun hal tersebut tetap harus dijaga dengan menerapkan protokol kesehatan ketat selama berada di tempat wisata atau selama berlibur di Cianjur,” katanya.

Ia menambahkan bagi wisatawan yang berkunjung ke wilayah Jawa Barat, diharuskan membawa surat keterangan sehat atau bebas dari virus berbahaya sebagai upaya membantu pemerintah untuk memutus rantai penyebaran dan sebagai upaya untuk memudahkan mereka selama menikmati libur panjang.

Sementara itu, PJS Bupati Cianjur Dudi Sudrajat Abdurachim mengatakan Pemkab Cianjur menyediakan 100 alat tes cepat di masing-masing pos pemeriksaan yang didirikan di perbatasan setiap hari selama libur panjang. seperti di Puncak Pass, Gebkrong dan perbatasan Cianjur-Bandung Barat.

Menurutnya, Tidak hanya di perbatasan, pihaknya bersama Satgas COVID-19 terus meningkatkan PCR tes dan tes cepat di sejumlah wilayah secara acak untuk mengetahui kesehatan warga, sebagai upaya menekan angka penyebaran virus berbahaya terlebih selama libur panjang kali ini.

“Saat ini Cianjur berstatus orange atau rawan terjadi penyebaran, sehingga selama libur panjang kami akan melakukan berbagai cara untuk menekan angka penyebaran dan mengembalikan status Cianjur ke zona kuning atau hijau kembali, salah satunya melakukan tes cepat di perbatasan,” katanya.
Laporan : Tomi

 

0Shares

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

copyright@2020 liputan12.com