Press "Enter" to skip to content

APBD Provinsi Jawa Barat Anggarkan 23 Milyar Untuk Pembangunan SGC

Cianjur,liputan12.com,-Jelang memasuki musim tanam Di bulan  Oktober/November, pelaksanaan pembangunan proyek Susukan Gede Cikondang (SGC) penambahan intensitas pekerja proyek,guna percepatan pembangunan bendungan untuk saluran irigasi.

Kepala proyek pembangunan bendungan SGC, Agus Munawar,S.T. mengatakan Demi percepatan pembangunan bendungan untuk saluran irigasi menjelang musim tanam di bulan okteber,november

”Untuk mempercepat progres pembangunan proyek bendungan sudah mencapai 60%  dengan menambahkan  pekerja,  sampai 150/160 pekerja, demi mempercepat pembangunan ini semua di fokuskan pada pembuatan intik dan dinding bendungan serta irigasi di  karnakan saat ini musim hujan tiba, tentunya kita juga tergantung pada situasi  cuaca mudah mudahan pada akhir November kali Cisalak sudah teraliri air,”tuturnya.

Masih dikatakan Agus, Selain percepatan pembuatan saluran irigasi, pihak pelaksana pembangunan proyek bendungan SGC juga melakukan normalisasi irigasi kali Cisalak, dengan pengangkatan sedimentasi dan membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) sehingga alur irigasi Kali Cisalak akan optimal dalam mengalirkan air ketika bendungan SGC sudah selesai dikerjakan.

“Dilakukan pengangkatan sedimentasi
Kali irigasi Cisalak adalah kali yang aliran airnya mengairi sawah untuk sembilan desa di kecamatan Cibeber, dengan jumlah luas area sawah seluas 1007 Hektar, dengan memasuki musim tanam tentunya para petani penggarap sawah sangatlah menanti aliran air untuk mengairi sawah mereka. Bendungan Susukan Gede Cikondang mengalami jebol akibat banjir pada bulan Januari tahun 2019, setelah dilakukan upaya perbaikan dengan pemasangan bronjong pada bulan Juni tahun 2019 namun kembali jebol, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menganggarkan 23 Milyar untuk membangun bendungan SGC dari APBD Provinsi Jawa Barat dan dimulai pembangunannya di bulan Juli 2020 lalu,”pungkasnya.
Laporan : Tomi

0Shares

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

copyright@2020 liputan12.com