Press "Enter" to skip to content

Puluhan Warga Geruduk Kantor Desa Benjot Tuntut Transparansi Bantuan BPUM

CIANJUR – liputan12.com,-Di tengah pandemi Covid-19, puluhan warga Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menggelar unjuk rasa (Unras) di balai Desa, Jum’at (23/10/2020) pagi.

Aksi yang diikuti puluhan massa tersebut dilakukan guna meminta adanya transparansi program bantuan dari pemerintah serta adanya keterbukaan informasi dari pemerintah desa terkait penerima bantuan, salah satunya bantuan Presiden Usaha Mikro ( BPUM).

Namun, harapan warga tersebut sirna, dengan sikap dan jawaban yang dinilai arogan hingga membuat warga yang datang kesal, saat berdialog sempat berisi tegang beberapa menit, dengan berbagai pertanyaan keras terkait program bantuan.

Asep Yusup (47), tokoh pemuda setempat yang hadir mengatakan, warga pada dasarnya hanya ingin ada transparansi mengenai program bantuan dari pemerintah, baik itu pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan Pemerintah Daerah (Pemkab) Cianjur.

“Kami ingin pihak pemerintah desa lebih transparan soal bantuan kepada warga dan siapa saja penerima bantuan tersebut,” katanya.

“Kami datang kesini secara baik-baik pa kades, tidak ada yang lain-lain, apalagi mempropokasi terkait bantuan,” tutur salah satu warga hadir.

Sementara itu, kepala Desa Benjot Sopyan sori mengatakan terkait bantuan, kami pemerintah Desa sudah mengintrusikan kepada para Rt, untuk mendata bagi para pelaku usaha,” ujarnya.

Lanjut Sopyan Sori, setelah hasil data terkumpul, ya kami serahkan ke Pusat, terkait jumlah penerima bantuan itu bukan kewenangan kami,” beber kades.

Di tempat terpisah, Dadan (35) warga setempat mengatakan, dengan sikap arogansinya kepala Desa sangat disayangkan, di saat warga mempertanyakan haknya, ya harus diterima dengan baik-baik bukan dengan bahasa dan sikap yang tidak pantas, ini sudah jelas-jelas melukai hati warga”, ucapnya.

Terakhir, Dadan menyampaikan dengan keterbukaan dan transparansi terkait program bantuan yang datang Pemerintah Desa benjot bersikap adil,” harapnya. (red/tem)

0Shares

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

copyright@2020 liputan12.com