Press "Enter" to skip to content

Sosialisasi Persuatif Bawaslu Kabupaten Cianjur Dihadiri Anggota Bawaslu RI

Cianjur, liputan12.com – Sosialisasi persuatif Bawaslu Kabupaten Cianjur menjelang Pilkada serentak 2020, digelar di Situs Gunung Padang, Kecamatan Campaka, Cianjur, Jawa Barat, Senin (19/10).

Adapun yang menjadi pesertanya berjumlah sekurangnya 50 peserta, yang terdiri dari warga setempat, anggota pramuka, pengelola situs dan pegiat lingkungan, dan sebagai narasumbernya menghadirkan anggota bawaslu RI. Dalam pelaksanaannya pun Bawaslu Kabupaten Cianjur, menerapkan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Cianjur Usep Agus Zawari, menyampaikan acara tersebut sengaja digelar di Gunung Padang sebagai filosopi untuk mengambil energi positif melestarikan budaya pengawasan dan mendisiplinkan warga dalam pengawasan.

“Cianjur ini punya situs budaya yang bersejarah, mudah-mudahan dengan digelarnya sosialisasi di Situs Gunung Padang ini bisa mengambil energi positif dari budayanha. Sehingga tercermin menjadi budaya pengawasan,” kata Usep.

Ketua Bawaslu Jabar Abdulah Dahlan, dalam sambutannya mengatakan, suatu kehormatan baginya bisa menginjakan kaki di situs Gunung Padang. Yang mana keberadaan situs itu mengingatkan warga Jawa Barat punya peradaban yang maju.

“Nah, dalam berdemokrasi pun harus maju terutama di Jawa Barat ini,” katanya.

Masih dalam kesempatan yang sama, anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, memaparkan tujuan dari pengawasan partisipatif itu tak lain untuk mengajak dan memperbanyak teman untuk ikut mengawasi berlangsungnya pilkada serentak 2020.

“Harus kita ketahui, bahwa dalam menjalankan pilkada akan terjadi pelanggaran-pelanggaran. Dalam menjalankan demokrasi pun kita tidak bisa sendirian, maka dengan pengawasan partisipatif inilah ingin demokrasi itu dapat berjalan dengan baik. Karena semuanya kembali pada pengawasan partisipatif,” katanya.

Pengawasan partisipatif ini, lanjut Fritz Edward Siregar, bertujuan untuk bergotong royong dalam pengawasannya.

“Dengan digelarnya sosialisasi partisipatif ditempat yang sangat baik dan indah ini, sekalipun perjuangannya cukup membuat saya menyerah. Tapi ya seperti itulah demokrasi, dan saya berharap maksud dan tujuan dari kegiatan ini bisa mengena dan lebih tepat sasaran,” tandasnya.

0Shares

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

copyright@2020 liputan12.com